TRAVELGRAPHY : CURUG PADALARANG

Ceritanya lagi minggu tenang kuliah pengen refreshing kaya orang-orang, berangkat dari rumah jam 7 pagi, tadinya Cuma iseng jalan aja dulu belum fix mau ke curug apa pokoknya di daerah tenjolaya, tiba-tiba kepikiran sama Curug Padalarang, Curug yang belum lama dikelola dan masuk dalam kawasan Curug Ciputri, terletak di Desa Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya – Kabupaten Bogor.

Jadi buat kalian yang pengen kesini, patokannya Curug Ciputri

Untuk bisa sampai ke Curug Padalarang, bisa ditempuh dari beberapa alternatif jalur. Ada jalur Cinangneng, Cikampak, atau Ciapus. Untuk yang dari arah Bogor Kota lebih enak lewat Ciapus, karena ada angkutan umumnya yang sampe ke daerah Curug Luhur, dan bisa di carter, akses jalannya juga relatif lebih bagus, belokan ke Curug Ciputri itu deket banget sama tempat ngetem angkot 03 Ciapus gang nya berada di sebelah kiri, dan bisa melanjutkan dengan naik ojek yang mangkal didepan Indomaret deket gang Curug Ciputri. kalau dari arah IPB Dramaga bisa lewat jalur Cinangneng, dan sampai tembus di Jalan Raya Tapos I (ada Indomaret) belok kiri,setelah belok kiri ga jauh sekitar 50m, darisitu ada belokan ke Curug Ciputri posisinya disebelah kanan .

Tapi Karena gue dari arah Ciampea, lebih dekat lewat Cikampak , sampai di Jalan Raya Gn. Salak Endah, ada Alfamart belok kiri, ada arah petunjuk menuju Curug Luhur, ikuti jalan sekitar 3km, sampai ketemu pertigaan tempat angkot 03 Ciapus ngetem (ada Indomaret juga), 50m setelah Indomaret, disebelah kanan ada arah menuju Curug Ciputri . sekarang di Gang nya udah ada spanduk nya (Selamat Datang Para Pengunjung)

Untuk lebih mudahnya bisa setting di Google Maps dengan Keyword “Curug Ciputri”

Tapi kadang udah ga ada jaringan disana apalagi kalo pake kartu itu tuh hahaha

Saat udah belok ke gang Curug Ciputri, sekitar 2km lagi untuk mencapai lokasi parkir , beberapa ratus meter pertama jalannya masih rusak, ada pertigaan lurus aja yang jalannya menanjak, ini mungkin trek paling jelek nya, udah rusak tanjakannya lumayan curam, (kalau mau ke Curug Ciampea, pas tanjakan ada rumah ungu, belok kanan) tapi setelah melewati tanjakan ini, masih ada jalan aspal yang cukup bagus, dan saat cuaca bagus kalian bisa liat pemandangan Gunung Halimun dari sini .

pemandangan Gunung Salak

Pas sampai lokasi parkir sekitar jam 8.30 pagi, terlihat masih sepi dan gue orang pertama yang datang .

Setelah parkir gue langsung menghampiri penjaga tiket, untuk retribusi perorang dikenakan 10.000/orang untuk tiket masuk, dan motor 5000

Beruntung juga pas hari itu cuacanya cerah, baru masuk kawasannya pemandangan Situ Kigandul dengan sorotan matahari pagi bikin gue pengen santai dulu .

Situ Ki Gandul

Bumi Perkemahan

Jalan menuju Curug Padalarang ini katanya masih hutan dan semak belukar, tapi udah dikasih petunjuk, tapi bisa aja nyasar kalo emang petunjuk nya ilang hahaha, dengan kekuatan I.N.T.U.I.S.I dari dalam hati #eaaa, akhirnya gue memberanikan diri untuk jalan tanpa dianter oleh local guide, patokan gue ikutin aliran sungai aja .

Perjalanan dimulai, untuk meunuju Curug Padalarang lurus saja dari Situ Kigadul, terdapat arah juga yang diletakan di pohon pinus , kalau ke Curug Ciputri dan Curug Kiara Belok kanan turun agak ke bawah .

Untuk menuju Curug Padalarang bisa water trekking menyusuri sungai atau melewati hutan .

Gue lebih memilih lewat jalur hutan, lurus saja dari Situ Kigandul, jalan setapaknya kecil, tapi sudah cukup jelas ada arahnya, apabila kurang yakin ikuti jalan pinggiran sungai aja, karna lewat jalur hutan pun kita akan turun ke sungai dan harus water trekking sekitar 100m

petunjuk arah

trek menuju Curug Padalarang

Petunjuk arah

aliran sungai water trekking

Selama diperjalanan menuju curug padalarang, cukup iseng juga karena benar benar hutan, ga ada tanda tanda kehidupan dan suara tonggeret mulu, yang unik saat perjalanan gue melewati kebon lalapan, dalem hati kalo bawa nasi, ayam goreng, sambel enak banget nih lalapannya tinggal ngambil di kebon . setelah sekitar 2 km menuyusui hutan , ada petunjuk arah Curug Padalarang ke bawah, nah kalo udah turun siap siap untuk water trekking, air nya bening parah, kanan kiri tebing dan aliran sungai yang debitnya kecil, bikin gue betah betah di area sini .

water trekking Curug Padalarang

DCIM101MEDIA

Setelah jalan beberapa puluh meter, suara Curug Padalarang ini udah terdengar, dan pas melihat dibalik tebing bebatuan…….

Akhirnya keliatan curugnya, dari jauh udah keren banget .

Curugnya sudah kelihatan

Setelah 30 menit trekking akhirnya sampai juga , Curug Padalarang ini ga begitu tinggi, paling sekitar 10m saja, setelah sampai Curug sebenarnya penasaran sama aliran yang ada diatas nya, Cuma bingung naik darimana Karena kanan kirinya tebing

nyurug kuy

Perjalanan yang cukup ekstrim tadi, akhirnya kebayar sama mandi di curug ini, seger bangetttt, dan kalo ga ada persediaan minum kayanya air ini masih layak untuk diminum Karena jernih banget dan  ga ada sampah disekitarnya , ooh iya buat kalian yang mau berkunjung, jangan buang sampah disini, selain merugikan alam dan orang lain, percuma kalian datang jauh jauh kalo Cuma nyampah di alam, Karena traveling adalah melatih diri untuk bisa mengerti alam dan lingkungan sekitarnya 😃

Dan ada yang bikin ngeri pas disini, usahakan lebih pagi datang kesini dan cuaca cerah , Karena kita harus water trekking, dengan kondisi jalan bebatuan ditambah diapit oleh tebing, saat udah sore matahari sangat tipis tembus ke area ini , akses yang masih minim bisa membuat kita kesulitan saat sudah gelap, ditambah kalo musim hujan, kita gatau namanya musibah, takutnya debit air tiba-tiba deras, tidak ada tempat untuk singgah dan bisa membuat kita terjebak .

Tapi apabila kita dating disaat yang tepat, cuaca cerah dan masih pagi, dijamin gamau pulang cepet cepet hahaha

Tips buat kalian yang mau ke Curug Padalarang:

-bawa kendaraan pribadi, prefer motor, akses dari gang Ciputri, hanya cukup 1 mobil, minggirnya susah kalo pake mobil

-Kalo naek angkot yang Ciapus, carter aja sampai gang ciputri dan dilanjutkan dengan naik ojek.

-Pakai lokal guide kalo belum tau dan baru pertama kali ke sini, atau ajak temen yang memang tau jalannya

-pake sandal jepit atau sandal gunung, Karena bakal basah pas water trekking

-Bawa bekal atau cemilan dan persediaan minum yang cukup, di curug ga ada yang jualan, adanya di deket gerbang masuk aja, selain itu bisa hemat biaya

-Jangan buang sampah sembarangan, Karena kawasan ini ecotourism banget, jangan ambil apapun kecuali foto 😀

Biaya :

HTM                      10.000

Parkir                      5.000

BBM                      20.000

Soto Mie ++           15.000

TOTAL                   50.000

cari refrensi perjalanan kalian, jangan lupa follow instagram @@adrianloa

dan yang masih penasaran sama Curug Padalarang, liat video trip nya di Youtube : TRAVELGRAPHY : CURUG PADALARANG