Pulau Payung (PUPAY)

dsc_0803

kali ini gue bakal trip bareng Trisakti Tourism Traveling Club ke Pulau yang ada Kepulauan Seribu yang jarang orang kunjungi, pulau yang akan dituju adalah pulau payung besar secara administratif berlokasi di Ibukota Jakarta, Pemerintah Kabupaten Administratif- Kepulauan Seribu.

 

maps-payung

Maps Pulau Payung

pupayy-maps

Maps Pulau Payung

pulau ini mungkin sedikit asing buat para travellers, karna emang jarang orang yang datang kesini. So buat kalian yang mau kesini bias menggunakan transport dari dermaga Kaliadem Jakarta, biasanya sih untuk kapal yang mau langsung ke pulau payung itu harus ada minimal 15 orang atau ikut paket tour, kalau mau berangkat dari Kali Adem diusahakan berangkat lebih pagi, paling siang kapalnya hanya sampai jam 9 saja, kalua kesiangan silahkan ke DermagaRawa Saban Tangerang, tapi kebanyakan akses menuju pulau ini harus transit ke pulau tidung, dan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal sekitar 30 menit, pulau payung ini kelihatan kok dari pulau tidung.

Pulau payung adalah salah satu pulau yang berpenghuni dan memiliki 46 kepala keluarga, dan ada 7 penyedia tour yang siap membawa kalian keliling di pulau payung dan snorkling

Perjalanan gue dari kaliadem jam 8.30 dan sampai pulau tidung jam 10.30, istirahat sebentar di pulau tidung dan melanjutkan perjalanan lagi dnan jam 12.30 akhirnya tiba di dermaga pulau payung, cukup lama waktu yang dihabiskan ke pulau payung Karena lagi musim hujan jadi kondisi air laut yang tinggi membuat perjalanan kapal agak lebih lambat.

 

img_6486

Kapal Kaliadem-Tidung

 

DCIM100GOPROGOPR1725.

Kapal Pulau Tidung-Pulau Payung

DCIM100GOPROGOPR1723.

Pemandangan laut menuju Pulau Payung

dsc04975

Dermaga Pulau Payung

 

Sampai dipulau langsung checkin homestay, homestay yang gue tempatin harganya 400rb+Ac 3 kamar, ya worth it lah dengan kenyamanannya, jangan takut kelaparan juga banyak yang jual makanan dan minuman juga kok disana dan harganya pun sesuai, ga mahal.

dsc04658

Homestay Pulau Payung

Saatnya kita explore pulau payung,

Kenapa namanya pulau ini disebut pulau payung ? Karena bentuk pulau ini jika dilihat dari atas mirip dengan bentuk payung, pantai timur bagian payungnya dan pantai barat adalah gagangnya . nah buat yang penasaran bias kalian lihat sendiri naik ke atas mercusuar dipulau payung, tapi harus dengan izin dulu ya naiknya.

Dipulau payung ini dibagi menjadi 2 bagian setengahnya itu penduduk lokal, dan setengahnya pulau milik pribadi yang dibatasi oleh pagar,tapi wisatawan tetap boleh masuk kekawasannya kok yang penting tetap jaga kebersihan jangan buang sampah dan ngomong sembarangan.

Keindahan pulau payung  bisa kita nikmati setiap sudutnya, spot yang keren dipulau ini dalah danau asmara, danau ini merupakan danau buatan yang memiliki warna hijau tosca, tapi kalua mau turun kedanau ini hati-hati, bukan karna kedalamannya tapi didanau ini banyak karang kecil yang lumayan sakit diinjak, kedalamannya kurang lebih 1m saja.

dsc_0847

Danau Asmara

Kalo tempat paling asik buat menyaksikan sunset pas sore itu bisa ke pantai barat, kalo gatau pantai barat ada dimana silahkan tanya ke warga atau minta dianter bareng anak-anak pulau yang siap mengantar kalian keliling pulau

dsc_0922

menunggu sunset tiba

 

dsc_0971

hunting sunset

dsc_0941

golden sunset di Pulau Payung

karena waktu udah sore, langsung balik menuju homestay, karena pantai barat tempat sunset ini agak lumayan jauh dari homestay dan penerangan agak minim.

menunggu sunset dari siang tapi semuanya terbayarkan indahnya sang fajar terbenam

 

Tips :

-berangkat pagi sebelum jam 9, Karena nanti bias kehabisan kapal

-usahakan berangkat saat musim kemarau,karena kalua musim hujan ombaknya cukup tinggi dan kualitas air kurang begitu jernih

-jaga sikap, jangan membuat kebisingan di lingkungan homestay

-bawa hammock buat santai dipantai

-jangan buang sampah sembarangan demi terjaganya kebersihan pantai

 

so buat kalian yang masih penasaran sama keindahan pulau payung ini, bisa liat video trip nya di youtube, check it out : https://youtu.be/_57FKWc186A

 

Instagram : @adrianloa & @trisaktitravelingclub

Youtube : Adrian Hartanto Lokaria

Leave a comment