TRAVELGRAPHY : UMBUL PONGGOK KLATEN

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata baru di Klaten, Jawa Tengah, yang sekarang ini lagi hits, tapi banyak orang yang belum tahu lokasinya. Nama obyek wisata ini terdiri dua kata Umbul yang berarti mata air dan Ponggok adalah nama sebuah desa. Jadi jika diartikan secara langsung mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok. Alamatnya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

IMG_2382

Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 perorang. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling namun tidak membawa peralatan, di Umbul Ponggok juga terdapat tempat penyewaan snorkeling. Harganya sewa : kaki katak Rp 5.000, snorkel Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000.

Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir yang luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus.

IMG_1897

Tempat ini berupa mata air yang dijadikan sebagai kolam besar yang bisa dijadikan tempat untuk snorkeling, berenang ataupun diving. Disini kita bisa melakukan hal tersebut karena disediakan tempat penyewaan alatnya seperti snorkel, kaki katak dan juga pelampung. Jadi kalian yang tidak bisa berenang, jangan khawatir untuk mencoba menceburkan diri ke kolam ini. Seperti snorkeling pada umumnya di laut, di Umbul Ponggok ini juga kita bisa melihat keindahan ikan. Tentunya ikan yang ada disini adalah ikan air tawar. Beberapa jenis ikan sengaja dipelihara di kolam sedalam kurang lebih sampai 2.5 meter ini. Selain itu juga ditempatkan beberapa batu dan pasir didasar kolam yang menambah keindahan. Air yang jernih akan membuat kita bisa menikmati pemandangan yang menarik dibawah air, ketika kalian menyelam serasa kita nyebur didalam seaworld hahaha

BPRO0897

BPRO0865

BPRO0934BPRO0895

Selain penyewaan alat alat untuk snorkeling, terdapat juga penyewaan case waterproof untuk HP dan juga loker untuk menyimpan barang bawaan anda saat menyelam. Jika kalian tidak membawa HP yang tahan air atau action camera seperti GoPro, Xiaomi Yi atau B-Pro, kalian bisa menyewa kamera underwater untuk memotret keindahan bawah air Umbul Ponggok. Harga penyewaan kamera underwater + guidenya , Rp 60.000/30 menit dan Rp 100.000/60 menit.

Jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, wisatawan disarankan datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

IMG_2171

IMG_2170

IMG_2172

IMG_2169

IMG_2168

Beberapa fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai bagi para pengunjung, kolam khusus untuk anak-anak hingga taman bermain untuk anak-anak tersedia di kawasan ini. Selain itu beberapa penjual makanan dan minuman juga bisa kalian dapatkan di tempat ini.

IMG_2383

Akses menuju Umbul Ponggok dari Solo rute terdekatnya adalah melalui jalan raya Solo-Yogyakarta. Saat melewati Klaten berhentilah di Terminal Penggung. Terminal ini berada pada persimpangan lampu merah yang menuju ke Desa Ponggok. Dari sini ambilah arah ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

Bila dari Yogyakarta, rutenya adalah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo. Setelah melewati Klaten, Anda akan menemukan Terminal Penggung. Dari terminal belok kiri dan ikuti jalan hingga Anda menemukan papan petunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut hingga sekitar tiga kilometer jauhnya dan Anda akan menemukan lokasi Umbul Ponggok yang terletak di sebelah kiri jalan. Lama perjalanannnya sekitar satu jam perjalanan. Buat yang masih bingung kalian bisa gunakan google maps atau waze sebagai penunjuk arah.

Penasaran kaya gimana snorkeling di Umbul Ponggok, kalian bisa liat video trip gue di Umbul Ponggok nih, silahkan buka link : https://youtu.be/euDCf9_lgwk

 

Instagram : @adrianloa

Youtube  : Adrian Hartanto Lokaria

Leave a comment