TRAVELGRAPHY : Gunung Peyek Ciseeng – Kab. Bogor

dsc_0002

Lagi  liburan kuliah, gabut dirumah aja, lebih baik saya jalan jalan yang ga begitu jauh dari rumah.

Kali ini saya ingin mengunjungi Gunung Peyek yang katanya keren nih pemandangannya dan cocok untuk spot foto-foto, jam 11 siang dari rumah udah siang bolong ga mematahkan semangat saya untuk datang kesini, perjalanan saya dari rumah kesini sekitar 30 menit saja, lokasi Gunung Peyek ini memang tidak terlalu jauh areanya dari Wisata air panas Tirta Sanita, secara administratif Gunung Peyek ini berada di Desa Cogreg, Kec. Parung – Kab. Bogor. Buat kalian yang mau kesini tapi bingung boleh ikuti google maps aja kok, dan kalo udah sampai di kawasan air panas Tirta Sanita bisa minta bantuan warga sekitar untuk menuju lokasinya.

Akses jalan menuju Gunung Peyek ini cukup sulit dan tidak ada parkiran khusus diarea ini, tak memungkinkan untuk kendaraan roda empat ke lokasi ini, tapi bisa menitipkan mobilnya di parkiran wisata air panas Tirta Sanita lalu dilanjutkan dengan berjalanan kaki, untuk kendaraan bermotor bisa masuk sampai ke area perumahan komplek perumahan Nuklir TNI AD NUBIKA atau bisa juga dititipkan disalah satu warung/rumah warga, karena ga memungkinkan untuk motor turun lebih bawah lagi ke area persawahan karena jalannya hanya setapak saja, kalau nyebur kesawah kan lebih bahaya lagi.

img_4915

jalan setapak persawahan

img_4914

Gunung Peyek terlihat dari area persawahan

img_4923

ini yang namanya Gunung Peyek

Dan pastikan jika kalian berkunjung kesini saat musim kemarau, cuaca yang cerah atau pagi hari, karena medan untuk sampai ke lokasi harus melewati persawahan dengan jalan setapak, kalau musim hujan pasti jalan licin, becek, berlumpur dan berbahaya buat keselamatan

Rute perjalanan untuk sampai ke lokasi ini, kalau dari arah Tangerang, lewat perempatan pasar prumpung, lalu lurus ikuti jalur via ciseeng  (Jl. Pahlawan , prumpung – ciseeng), lalu masuk ke kawasan Tirta Sanita sebelah kiri (gang belokannya dekat alfamart), untuk yang mau kendaraannya lebih aman titipkan saja di parkiran Tirta Sanita, lalu lurus masuk ke kawasan perumahan Nuklir TNI AD NUBIKA  sekitar 2km, lalu ada pertigaan ke kawasan komplek belok kanan, 500m dari situ, akan ditemukan jalan setapak menuju sawah, turun mengikuti area persawahan sekitar 2km, Gunung Peyek akan terlihat disebelah kanan. Ini rute terdekat menuju Gunung Peyek di banding melewati Gang Amsar Kp. Pulo Ds. Bojong Indah Kec. Parung – Kab. Bogor yang menurut saya lebih jauh.

img_4924

sekitar 5 meter saja tinggi Gunung Peyek

Sebenarnya juga lokasi ini dibelakang wisata air panas Tirta Sanita, hanya saja kalian harus membayar tiket masuk apabila masuk melalui wisata Tirta Sanita .

tapi sayangnya tempat ini belum dikelola, tidak ada fasilitas apapun diarea ini kecuali kolam sumber air hangat belerang, dan tidak ada biaya tiket masuk, karena belum dikelola untuk umum .

bpro0269

ini kolam air hangat Gunung Peyek

img_4920

Jacuzzi nuansa alam

dsc_0017

santai di kolam air hangatnya emang enak

bpro0234

Landscape dari atas Gunung Peyek

 

Gunung Peyek ini memiliki 3 Lubang yang berada di atas gunung yang membentuk kolam air hangat alami yang mengalir terus dan berfungsi untuk berendam dan sekedar mandi air belerang . Pokoknya keren deh buat jadi spot foto-foto dan bersantai dengan suasana alaminya Gunung Peyek ini .

 

TIPS :

  • Lebih baik gunakan sepeda motor untuk meuju tempat ini
  • Bawa topi / paying / tabasa / jas hujan karena tidak ada tempat berteduh jika hujan
  • Hati hati melangkah, karena kalian akan melewati jalan setapak persawahan
  • Minta bantuan warga supaya ga nyasar
  • Bawa baju ganti jika mau berendam
  • Pastikan batrai kamera penuh dan acc untuk foto
  • Jangan buang sampah sembarangan, ga asik bro

 

buat kalian yang masih penasaran sama Gunung Peyek, bisa liat video trip nya di youtube, check it out .

 

 

Instagram : @adrianloa

Youtube  : Adrian Hartanto Lokaria

Leave a comment