Jalan jalan ke Lampung (Pulau Pahawang & Lampung Timur)

Perjalanan ke lampung saya kali ini bersama Trisakti Tourism Traveling Club (3TC) selama 4 hari, dengan biaya 550rb saja udah bisa menikmati keindahan pulau Lampung

Hari pertama start dari STP Trisakti menuju kampung rambutan sekitar jam 7 malam dan sampai jam 8 , setelah itu langsung melanjutkan perjalanan lagi ke Pelabuhan Merak dan  sampai pelabuhan jam 11 malam.

Setelah didalam kapal udah tenang kita bisa ngobrol-ngobrol dan istirahat, sampai tiba saat nya di Pelabuhan Bakauheni jam 5 pagi, ga sadar ternyata udah masuk dihari kedua. setelah keluar dari pelabuhan bakauheni kita sudah ditunggu bus untuk melanjutkan perjalanan lagi menuju Dermaga 4 Ketapang ….perjalanan masih panjang brooo
Bisa menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam itupun kalau jalannya lancar

Sesudah sampai di Dermaga 4 Ketapang , langsung sarapan pagi di warung makan sederhana di area dermaga sekaligus menyewa alat alat snorkling.

Dannnnn….wohoooo ini saat-saat yang saya tunggu, menuju Pulau Pahawang , naik kapal, menyebrangi lautan dan melihat keindahan laut , langit dan gugusan bukit.

Setelah sampai pulau pahawang saya terlebih dahulu menaruh barang bawaan ke homestay…..dan (jengjeng) saatnya menuju spot snorkling.

Pas nyebur dan menyelam….. Ga nyangka ternyata pulau pahawang menyimpan kekayaan bahari yang mempesona , beragam macam ikan dan terumbu karang yang sangat indah dan tertulis miniatur  “taman laut pahawang”

Hampir sekitar 1,5 jam, kita langsung menuju Pantai Pasir Timbul dan makan siang disana .
Pasir yang masih putih, angin sepoi sepoi,  duduk dibale ditambah minum es kelapa, seger banget brooo

Hari kedua ini ga cuma sampai dipasir timbul aja, masih ada spot pantai lagi yang wajib dikunjungi nihh, sehabis makan siang dipasir timbul, langsung cuss ke pulau tanjung putus, disini kita melalukan snorkling lagi, ga kalah sama sebelumnya , keanekaragaman ikan terumbu karang masih membuat saya terpesona . Indonesia emang the best banget lah pokoknya .

Disini kita ga lama-lama karna waktu udah mulai sore dan air laut agak mulai pasang, kita lanjutkan perjalan kita ke homestay . mandi, rapih-rapih, makan malam, games , dannnnn tiba saat nya acara yang kita tunggu-tunggu ….yeah akhirnya .
BBQ-an alias bakar bakar, mantappp .
Ikan bakar yang masih hangat menemani dinginnya angin pantai.

Waktu menunjukan jam 11 malam, waktunya istirahat karena perjalanan kita untuk mengunjungi tempat wisata karena esok harinya masih banyak lagi.

Dihari ketiga saat sang surya sudah terbit waktunya kita untuk packing dan sarapan, kita lanjutkan perjalanan kita ke pulau mangrove menggunakan kapal, sekaligus melakulan aksi sosial penanaman mangrove , kalian bisa beli bibit mangrove hanya Rp.5.000/bibit, kalian harus tau yaa penanaman mangrove ini dilakukan ketika air laut surut .

Hampir selesai perjalanan kita dipulau pahawang, sebelum ke Dermaga ada 1 pantai lagi yang wajib dikunjungi karena pantai ini memang terkenal dengan pasir putihnya , pantai Klagian Besar

setelah itu kita balik menuju dermaga dan melanjutlan perjalanan menuju Lampung Timur , ditengah perjalanan mampir dulu ke Toko Oleh-Oleh Yen Yen yang terkenal dengan pisang coklatnya harganya relatif murah lhoo cuma Rp11.000/kantong

Sehabis itu mampir juga di Museum Lampung, museum yang menceritakan Tradisi, Kebudayaan, Kesenian dan cerita pada masa lampau.

Karena waktu sudah sorenya kita menginap di homestay yang berada di Sekampung Udik, homestay yang sederhana tapi yang penting masih bisa tidur.

Hari terakhir kita mengunjungi situs purbakala dilampung yang berada di Desa Pugungraharjo – Lampung Timur , ada Punden Barundak, Batu Menhir, Kolam Megalitik dan masih banyak lagi peninggalan situs purbakala.

4 hari udah keliling dan capenya udah berasa, sekarang waktunya kita pulang menuju pelabuhan . tapiiii , tunggu dulu masih ada satu spot wisata lagi nih di deket pelabuhan yaitu Menara Siger , menara ini sebagai simbol menara selamat datang, dan yang istimewanya kita bisa melihat pelabuhan bakauheni dan laut lampung dari atas menara, murah kok cuma Rp.3000 kita udah bisa menikmati keindahan laut dari atas.

Dannnn, berakhirlah perjalanan saya di Lampung bersama Trisakti Tourism Traveling Club, sekarang waktunya balik ke Jakarta .

Jangan lupa lihat video perjalanan kami di : https://youtu.be/dACqMHEpNOI