TRAVELGRAPHY : LEUWILIEUK & LEUWICEPET

ytb

Bogor dengan julukan kota hujan, tempat kelahiran gue yang memiliki sejuta cerita, ternyata memiliki sejuta tempat wisata juga nih, sentul selatan yang sekarang ini menjadi tujuan favorit para traveller karna memiliki banyak potensi air terjun yang menarik

Trip gue kali ini ke leuwilieuk dan leuwicepet yang berada di Dusun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang-Kabupaten Bogor, curug ini berada dikawasan curug barong dan leuwihejo juga.

13 desember 2016, saya bertiga dengan kaka saya Derra, dan sepupu saya Mia Aulia, menggunakan motor dari rumah

Jalan menuju curug ini sebenarnya cukup mudah, bisa diakses dari jalur citeureup atau sentul, tapi jalan yang lebih cepat dari arah bogor adalah jalur alternatif sentul yang kearah sirkuit sentul, pertigaan sirkuit sentul nanti ke kanan, lurus aja cari arah ke jungle land, banyak jalan tapi bakal nembus ke kawasan sentul, setelah dekat jungleland, nanti belok kanan, ada jalan menuju babakan madang, lurus terus nanti ketemu pertigaan belok kiri, kalau kanan balik lagi ke sentul , terus ikutin jalan aja sampai ketemu pertigaan lagi, kalau kanan ada tulisan menuju gunung pancar, kalau ke leuwihejo kiri, ambil jalur kiri, tinggal lurus aja deh nanti kalian akan lihat pintu masuk kawasan leuwihejo sebelah kanan.

Pintu masuk kawasan leuwihejo, leuwilieuk, leuwicepet

Perjalanan dari rumah gue dibogor sekitar 2 jam, gue pikir bisa lebih lama, ternyata jalan menuju leuwihejo ini sudah beraspal ga seperti dulu masih berbatuan, jadi buat kalian yang mau kesini tapi mikir jalannya rusak, sekarang udah ga kok sudah mulus jalannya, yang masih sedikit rusak itu ketika kita masuk parkir ke kawasan leuwihejonya

Setelah gue masuk kawasan leuwi hejo pertama bayar tiket masuk motor Rp 8.000, digerbang kedua bayar tiket masuk Rp 15.000/orang

tempat parkir motor

papan tata tertib pengunjung

Perjalanan dari gerbang utama menuju parkiran sekitar 10 menit saja, kalau motor kalian kuat dan kalian bisa menurunkan motor sampai ke lokasi parkir paling ujung, kalian bakal hemat waktu berjalanan, dengan resiko jalan masih berbatuan, karna kalau parkir diatas akan memakan waktu dan jarak kalian buat berjalanan menuju lokasi.

Trip start here, karna lagi musim hujan gue udah siap sandal dan jas hujan supaya ga kehujanan, tapi tenang aja diatas banyak warung warung untuk jajan dan berteduh kok, tapi karna hari biasa kesini jadi banyak warung yang masih tutup, perjalanan dari parkiran menuju lokasi sekitar 30-40 menit, mungkin bisa lebih tergantung kondisi fisik kalian.

petunjuk arah

leuwilieuk & leuwicepet arahnya ke atas

Setelah ditempat parkir ada papan petunjuk arah, kalau leuwilieuk dan leuwicepet arahnya menanjak keatas, udah ada jalan setapak menuju curug ini, setelah berjalan sekitar 15  menit ternyata ada 1 gerbang tiket masuk lagi menuju curug leuwilieuk dan leuwicepet, karna ada tempat istrahat juga sekalian istirahat sebentar, lanjut perjalanan lagi naik turun bukit tapi ga bikin bosen karna pemandangannya yang kece dari atas

bpro0297

trek menanjat

bpro0301

trek landai

trek tunun

Trek menuju leuwilieuk dan leuwicepet ini cukup banyak anak tangga dan tanjatan yang bakal kita lalui, tapi ga berasa jauh kalo pemandangan kaya gini terus

pemandangan selama treking

setelah jalan sekitar 15 menit akhir gue tiba di pintu masuk kawasan leuwilieuk dan leuwi cepet, ternyata bayar lagi Rp 5.000/orangnya, disini kalian juga bisa sewa pelampung seharga Rp 20.000 atau bisa sekalian istirahat

pintu kawasan leuwilieuk dan leuwicepet

HTM Leuwilieuk dan Leuwicepet

bisa sewa pelampung disini

Setelah kalian melewati pintu loket tiket masuk kawasan leuwilieuk dan leuwicepet nanti kalian akan ketemu pertigaan pertama yang ada warung, kalau ke kiri turun itu ke curug benjol , kalau ke leuwilieuk dan leuwicepet lurus keatas, kita ambil lurus ke atas

Leuwilieuk dan Leuwicepet naik tangga lagi

istirahat dulu….cape

tak lama istirahat gue melanjutkan perjalanan lagi, suasananya makin adem dan suara aliran sungai sudah terdengar dari jauh

jembatan kayu menuju lokasi

petunjuk arah

Curug leuwilieuk dan leuwicepet ini searah, pertama kalian akan melewati leuwicepet terlebih dahulu, dan jika mau ke leuwilieuk bisa menggunakan dua acara, melalui leuwicepet dengan resiko basah-basahan, menelusuri sungai dan batu-batuan, atau lurus mendaki bukit lagi yang cukup terjal.

Karna gue bawa tas dan kamera jadi gue lebih pilih lewat bukit walaupun banyak tanjatan dan turunan, dan Leuwilieuk ini jaraknya lebih jauh, jadi tujuan pertama gue leuwilieuk, dan pulangnya baru mampir ke leuwicepet

leuwilieuk dari atas bukit

akhirnya setelah cukup lama berjalan, leuwilieuk ini sudah terlihat dari atas bukit, rasanya ga sabar pengen nyebur.

Leuwilieuk ini memiliki air yang sangat jernih , ada gradasi warna airnya juga mulai dari bening, kehijauan dan biru ditambah lagi diapit dua batu besar dan tinggi di kanan kirinya, kalian bisa loncat dibatu ini, ketinggan nya relatif tergantung nyali kalian, mulai dari 2-6 meter, dengan kedalaman air sekitar 4-5 meter yang ditengah , buat kalian yang gabisa berenang bisa sewa pelampung di loket masuk kawasan leuwilieuk seharga 20.000 saja. Yang penting tetap hati-hati selama berada dikawasan ini

Leuwilieuk

Aliran sungai Leuwilieuk

Setelah puas main di leuwilieuk, tanpa ganti baju lagi gue langsung menuju leuwicepet lewat jalur biasa, bisa saja menelusuri sungai dan batuan, karna takut nya kenapa kenapa, jadi lewat jalan setapak lagi. Perjalanannya ga jauh kok cuma 10 menit dari leuwilieuk menuju leuwicepet

Leuwicepet dari atas bukit

Pas gue sampe leuwicepet, bagaikan surga yang tertutup pepohonan, ternyata leuwicepet memiliki air yang lebih jernih lagi, tapi kedalamannya hanya 1-2 meter saja, bentuknya ini bukan seperti air terjun tapi lebih mirip kolam renang alami, sama sama diapit bebatuan dikanan kirinya, karna airnya lebih rendah gue ga takut tenggelam saat main disini

Leuwicepet

ytb

tempat penitipan barang

Karna cuaca udah mulai gerimis, akhirnya langsung balik menuju parkiran, perjalanan balik sekitar 30 menit saja, karna lupa bawa makanan akhirnya jajan aja diwarung makan indomie anget anget pake telor Rp. 10.000

bpro0430

abis itu ganti baju rapih rapih, terus langsung balik tapi mampir dulu sebentar di pinggir jalan yang pemandangannya kece, tapi suka ada pungli disini ya kasih aja 2000 itung itung beramal hehehe

entah bukit apa namanya hehehe

Biaya Pengeluaran

• + jembatan kayu

Tips

• bawa baju ganti
  • bawa bekal selama perjalanan
  • bawa waterproof case atau action cam untuk bisa foto didalam air
  • pakai sendal gunung agar lebih aman
  • datang lebih pagi supaya bisa bebas bermain di curug
  • kacamata renang buat yang suka menyelam
  • jas hujan karna digunung sering turun hujan
  • pastikan tidak membuang sampah dikawasan ini

pengen liat perjalanan trip nya, silahkan cek youtube, check it out !!

jangan lupa follow instagram juga ya buat liat foto trip atau buat refrensi kalian buat jalan-jalan